Sunday, March 3, 2013

Road to Japan Eps 8

Berawal dari Youth Competition for Disaster Education yang diselenggarakan JPF (Japan Foundation) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dihasilkanlah 6 tim pemenang yang merupakan lembaga terkait bidang pendidikan kebencanaan. Mereka adalah PMRmania, Book For Mountain (Yogyakarta), Korsa (Bandung), Himapsi Unsyiah (Aceh), EGO (Surabaya), dan Situlung-Tulung (Makassar). Keenam tim yang terdiri atas 24 mahasiswa tersebut mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di Negeri Sakura dalam program KIZUNA, yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri Jepang melalui JICE (Japan International Cooperation Center) dan JTB (Japan Travel Bureau), sejak 17 Februari 2013.

22 Februari 2013
Road to Japan Episode 8 - Kunjungan Industri Kao


Ada yang tak kenal produk perusahaan Kao? Hayooo angkat tangaaan~ Pastinya banyak yang kenal dong, secara beragam produk rumah tangga Kao mudah sekali ditemui di Indonesia. Staff Kao, Ms. Togashi Chikako menyebutkan pada mulanya Kao berdiri di Tokyo 120 tahun yang lalu, dengan mayoritas produksinya berupa peralatan rumah tangga. Kini dengan 35.000 karyawan, produk Kao merambah dunia internasional. Termasuk Indonesia yang memiliki pabrik Kao di Karawang.

Chikako memaparkan bahwa pabrik Kao turut serta dilanda tsunami Maret 2011 lalu. Untungnya, konstruksi bangunan pabrik dibuat sedemikian rupa, sehingga tsunami setinggi 6,5 m dampaknya hanya merendam pabrik setinggi 0,5 m. Proses rekonstruksinya pun berjalan cepat, pertengahan Mei seluruh operasionalnya sudah berjalan normal. Jos gandos, wajib ditiru!

Sebagai wujud CSR (Corporate Social Responsibility) kepedulian sosial pasca bencana 2011, Kao memberikan bantuan untuk masyarakat sebesar 130 juta Yen, produk rumah tangga gratis, serta aksi sukarela pemulihan psikologi masyarakat.

Perusahaan Kao

Pemaparan Ms. Togashi Chikako

Observasi kawasan pabrik Kao pasca bencana

Denah taman air Mizuno

Foto bareng (lagi)

Pemaparan kawasan Mizuno (taman air) pasca bencana

Tinggi, tinggi sekali

Dalam tahap perbaikan


 Selengkapnya: PMRmania Road to Japan


0 Kritikan kie . . .:

Post a Comment

Ayo belajar bareng PMRmania, blognya PMR Indonesia!