Sunday, March 3, 2013

Road to Japan Eps 1

Berawal dari Youth Competition for Disaster Education yang diselenggarakan JPF (Japan Foundation) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dihasilkanlah 6 tim pemenang yang merupakan lembaga terkait bidang pendidikan kebencanaan. Mereka adalah PMRmania, Book For Mountain (Yogyakarta), Korsa (Bandung), Himapsi Unsyiah (Aceh), EGO (Surabaya), dan Situlung-Tulung (Makassar). Keenam tim yang terdiri atas 24 mahasiswa tersebut mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di Negeri Sakura dalam program KIZUNA, yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri Jepang melalui JICE (Japan International Cooperation Center) dan JTB (Japan Travel Bureau), sejak 17 Februari 2013.

17 Februari 2013
Road to Japan Episode 1 - Sayonara Indonesia


Pelepasan delegasi Indonesia untuk program KIZUNA dilaksanakan di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Wakil Kedubes Jepang Bidang Penerangan dan Kebudayaan, Kenichi Takegawa, dalam sambutannya menjelaskan, program pertukaran pelajar bertajuk KIZUNA ini bertujuan untuk memahami kondisi Jepang pasca bencana gempa dan tsunami 11 Maret 2011. Khususnya terkait bagaimana upaya rekonstruksi bencana di Jepang. Delegasi Indonesia akan dikirim ke Jepang untuk melihat dan memahami kondisi Jepang saat ini.

Sementara itu Dirjen JPF, Mr. Tadashi Ogawa menambahkan, KIZUNA merupakan wujud terima kasih rakyat Jepang atas dukungan dan bantuan Indonesia terhadap bencana tsunami 2011 lalu. Ogawa berpesan bahwa program ini harus dimanfaatkan untuk mempelajari bagaimana Jepang membangun diri pasca tragedi gempa dan tsunami, yang juga menimbulkan bencana radiasi nuklir akibat hancurnya PLTN Fukushima.

Delegasi PMRmania untuk Indonesia :D

Pose sumo bersama Dirjen JPF, Mr. Tadashi Ogawa :D

Delegasi Indonesia pun akhirnya diterbangkan bersama JAL (Japan Airlines) pukul 21:45 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, menuju Narita International Airport, Jepang. Sayonara Indonesia, PMRmania will take our responsibility for better future of Indonesia!!! :D


Selengkapnya: PMRmania Road to Japan


0 Kritikan kie . . .:

Post a Comment

Ayo belajar bareng PMRmania, blognya PMR Indonesia!