Sunday, March 3, 2013

Road to Japan Eps 3

Berawal dari Youth Competition for Disaster Education yang diselenggarakan JPF (Japan Foundation) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dihasilkanlah 6 tim pemenang yang merupakan lembaga terkait bidang pendidikan kebencanaan. Mereka adalah PMRmaniaBook For Mountain (Yogyakarta), Korsa (Bandung), Himapsi Unsyiah (Aceh), EGO (Surabaya), dan Situlung-Tulung (Makassar). Keenam tim yang terdiri atas 24 mahasiswa tersebut mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di Negeri Sakura dalam program KIZUNA, yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri Jepang melalui JICE (Japan International Cooperation Center) dan JTB (Japan Travel Bureau), sejak 17 Februari 2013.

19 Februari 2013
Road to Japan Episode 3 - Kuliah Profesor Kubo


Hari ini agenda diawali dengan kuliah Prof. Yoshichika Kubo dari Meiji University. Beliau memulai perkuliahan dengan pemaparan gempa dahsyat Kobe 1995 yang mengilhami kesepakatan internasional tentang kerangka aksi bencana, yang disepakati di Hyogo pada tahun 2005 (Hyogo Framework 2005).

Gempa 11 Maret 2011 merupakan bencana yang lebih dahsyat dari gempa Kobe 1995, dengan kekuatan gempa mencapai skala 7 Sindo. Teman-teman, Sindo merupakan skala gempa, layaknya SR (Skala Richter), yang khusus digunakan masyarakat Jepang. Tingkatannya dari kecil ke besar yakni: Sindo 1, Sindo 2, Sindo 3, Sindo 4, Sindo 5 bawah, Sindo 5 atas, Sindo 6 bawah, Sindo 6 atas, dan skala tertinggi adalah Sindo 7.

Di setiap sekolah di Jepang, kini sudah dilakukan pelatihan-pelatihan untuk evakuasi bencana. Bahkan, disediakan pula ruangan khusus sebagai tempat penyimpanan logistik seperti air, makanan instan, dan selimut. Selain itu, struktur bangunan di Jepang harus tahan gempa, sampai-sampai ada Undang-Undang tentang bangunan tahan gempa loh. Kali ini musti bilang "wow" sambil koprol nih~

Pukul 15:00 waktu setempat, delegasi dikirim ke Itako Hotel untuk mengikuti orientasi yang disampaikan Mr. Nukaga (perwakilan Pemerintah Kota Itako), Mr. Nagayama (Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Itako), dan Mr. Takatsuka (Ketua Asosiasi Pariwisata Itako sekaligus pemilik Itako Hotel). Oishiii ~ ~ ~


\(^.^)/  Sampai di Tokyo  \(^.^)/


Selengkapnya: PMRmania Road to Japan


0 Kritikan kie . . .:

Post a Comment

Ayo belajar bareng PMRmania, blognya PMR Indonesia!