Sunday, March 3, 2013

Road to Japan Eps 5

Berawal dari Youth Competition for Disaster Education yang diselenggarakan JPF (Japan Foundation) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dihasilkanlah 6 tim pemenang yang merupakan lembaga terkait bidang pendidikan kebencanaan. Mereka adalah PMRmania, Book For Mountain (Yogyakarta), Korsa (Bandung), Himapsi Unsyiah (Aceh), EGO (Surabaya), dan Situlung-Tulung (Makassar). Keenam tim yang terdiri atas 24 mahasiswa tersebut mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di Negeri Sakura dalam program KIZUNA, yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri Jepang melalui JICE (Japan International Cooperation Center) dan JTB (Japan Travel Bureau), sejak 17 Februari 2013.

20 Februari 2013
Road to Japan Episode 5 - Bertandang ke Kashima Stadium

Usai mengunjungi kuil Shinto di Kashima, para delegasi diajak mengintip bagaimana proses rekonstruksi stadion sepak bola Kashima. Stadion berkapasitas 40.000 orang ini merupakan salah satu stadion yang digunakan pada Piala Dunia 2002 lalu. Stadion ini sejak 1993 menjadi home stadium klub sepak bola J-League kenamaan, Kashima Anthlers.


Staff manajemen Kashima Anthlers, Tomoyuki Hagiwara menuturkan akibat gempa dan tsunami 11 Maret 2011 lalu, kerusakan parah melanda stadion. Mulai dari tribun, atap, lampu, hingga kerusakan lapangan akibat pencairan tanah (likuifaksi, tanah ambles). Proses rekonstruksinya memakan waktu 6 bulan dengan total biaya 900 juta Yen.



Kini setiap 11 Maret, pihak stadion Kashima menyelenggarakan beragam simulasi penanggulangan bencana. Stadion ini pun disiapkan sebagai lokasi evakuasi berdaya tampung 60.000 orang, dengan perlengkapan logistik yang disimpan setiap tahunnya.


Penjelasan Tomoyuki Hagiwara

Ketemu Captain Tsubasa euy~ ^_^

Soccer Museum Kashima

Kashima's Legend Room

Jawara

Tribun Kashima

Locker room Kashima Anthlers

Delegasi Indonesia "Renascimento"

Kashima Stadium


Selengkapnya: PMRmania Road to Japan


0 Kritikan kie . . .:

Post a Comment

Ayo belajar bareng PMRmania, blognya PMR Indonesia!