Sunday, March 3, 2013

Road to Japan Ep 10

Berawal dari Youth Competition for Disaster Education yang diselenggarakan JPF (Japan Foundation) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dihasilkanlah 6 tim pemenang yang merupakan lembaga terkait bidang pendidikan kebencanaan. Mereka adalah PMRmania, Book For Mountain (Yogyakarta), Korsa (Bandung), Himapsi Unsyiah (Aceh), EGO (Surabaya), dan Situlung-Tulung (Makassar). Keenam tim yang terdiri atas 24 mahasiswa tersebut mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di Negeri Sakura dalam program KIZUNA, yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri Jepang melalui JICE (Japan International Cooperation Center) dan JTB (Japan Travel Bureau), sejak 17 Februari 2013.

23 Februari 2013
Road to Japan Episode 10 - Sekilas Kota Itako


Kuliah pagi bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Industri Itako, Mr. Nukaga pun dimulai. Beliau memaparkan kondisi kota Itako saat bencana terjadi. Kota yang berpenduduk 30.000 jiwa ini memang tergolong kota kecil. Walaupun begitu, Itako menjadi kota nomor wahid di prefektur Ibaraki dan ke-20 terbaik di seantero Jepang.

Bencana 11 Maret 2011 mengakibatkan kerugian kota Itako sebesar 11 Miliar Yen. Rencana rekonstruksi digulirkan selama 10 tahun, hingga 2021 mendatang. Nukaga kemudian menampilkan langkah-langkah cepat yang diambil pemerintah dalam menanggulangi bencana. Menurut beliau, kebersamaan antara pemerintah dan rakyat adalah kunci terpenting dalam upaya rekonstruksi. Beliau menambahkan, pemerintah Jepang memang dikenal sigap dan anti-korupsi. #JLEB-indonesia *__* Ayo basmi korupsi di Indonesia, jangan mau kalah dengan Jepang!

Kuliah pagi Mr. Nukaga

Kuil Buddha Suiunzan Choonji pasca bencana

Mejeng


Selengkapnya: PMRmania Road to Japan


0 Kritikan kie . . .:

Post a Comment

Ayo belajar bareng PMRmania, blognya PMR Indonesia!