Sunday, March 3, 2013

Road to Japan Eps 7

Berawal dari Youth Competition for Disaster Education yang diselenggarakan JPF (Japan Foundation) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dihasilkanlah 6 tim pemenang yang merupakan lembaga terkait bidang pendidikan kebencanaan. Mereka adalah PMRmania, Book For Mountain (Yogyakarta), Korsa (Bandung), Himapsi Unsyiah (Aceh), EGO (Surabaya), dan Situlung-Tulung (Makassar). Keenam tim yang terdiri atas 24 mahasiswa tersebut mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di Negeri Sakura dalam program KIZUNA, yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri Jepang melalui JICE (Japan International Cooperation Center) dan JTB (Japan Travel Bureau), sejak 17 Februari 2013.

21 Februari 2013
Road to Japan Episode 7 - Ekspedisi Daishi Keikan


Daishi Keikan merupakan museum pesta kota Sawara yang diselenggarakan 2 kali setahun. Pesta Sawara diikuti oleh segenap warga Sawara dengan menggunakan tradisi dan adat khas masing-masing daerah. Panitia penyelenggara pesta Sawara, Takashi menjelaskan bahwa perayaan ini berlangsung sejak zaman Edo 300 tahun yang lalu. Di museum ini dapat disaksikan beragam kebudayaan khas masyarakat Sawara, seperti parade Sawara dan bunga Ayame (bunga Irish).

Selanjutnya delegasi diantar mengunjungi museum pendidikan bencana (Disaster Prevention Exhibition) di Tanabe, kota Sawara. Di museum ini dapat disaksikan sejarah kota Sawara, dokumentasi Sawara, serta penjelasan mengenai bencana gempa, tsunami, dan likuifaksi (tanah ambles). Manajer kota air Sawara, Mr. Oyama mengatakan kerugian akibat gempa 2 tahun yang lalu mencapai 2,8 Miliar Yen. Kalo kurs 1 Yen setara 100 Rupiah, berarti kerugiannya berapa yaaa? OMG *__*

Dokumentasi pesta Sawara

Museum Daishi Keikan

Diorama Samurai

Kendaraan parade Sawara

Mejeng :D

Kuliah Mr. Oyama

Instalasi

Disaster Prevention Exhibition

Josh!


Selengkapnya: PMRmania Road to Japan


0 Kritikan kie . . .:

Post a Comment

Ayo belajar bareng PMRmania, blognya PMR Indonesia!