Sunday, March 3, 2013

Road to Japan Eps 6

Berawal dari Youth Competition for Disaster Education yang diselenggarakan JPF (Japan Foundation) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dihasilkanlah 6 tim pemenang yang merupakan lembaga terkait bidang pendidikan kebencanaan. Mereka adalah PMRmania, Book For Mountain (Yogyakarta), Korsa (Bandung), Himapsi Unsyiah (Aceh), EGO (Surabaya), dan Situlung-Tulung (Makassar). Keenam tim yang terdiri atas 24 mahasiswa tersebut mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di Negeri Sakura dalam program KIZUNA, yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri Jepang melalui JICE (Japan International Cooperation Center) dan JTB (Japan Travel Bureau), sejak 17 Februari 2013.

21 Februari 2013
Road to Japan Episode 6 - Menyusuri Sungai Onogawa dan Kota Katori


Menikmati kondisi sungai Onogawa dan kota tua Katori pasca bencana menjadi menu utama pagi ini. Lokasi tepatnya di Kota Air Sawara, prefektur Chiba. Pemerhati lingkungan kota Sawara dan Sungai Onogawa, Mr. Sato mengatakan, sungai Onogawa dan kota Katori menjadi saksi kejayaan kota Sawara, The Little Edo (Kota Edo kecil). Kota Edo yang termasyhur kini bernama Tokyo.

Sejarahnya, Sawara dan Edo menjalin hubungan perdagangan dengan menggunakan perahu menyusuri sungai Onogawa. Sawara memasok produk fermentasi pertanian, seperti tofu (tahu), miso (kedelai), soyu (kecap asin), dan sake (arak). Sedangkan Edo menukarnya dengan barang-barang trendi semisal pakaian, keramik, dan senjata. Walhasil barang yang dijual di Edo, tersedia pula di Sawara. Hal inilah yang menjadi awal julukan kota Sawara, The Little Edo.

Sejak 1996, sungai Onogawa dan kota tua Katori di Sawara diakui pemerintah Jepang sebagai area cagar budaya. Bencana 2011 lalu mengakibatkan 6000 rumah mengalami kerusakan. Bukan sekadar kerusakan fisik, perekonomian dan pamor kota Sawara pun menurun drastis dengan adanya isu radiasi nuklir. Kini, proses rekonstruksi terus berlanjut. Rumah-rumah cagar budaya berbahan baku kayu dan lumpur sidegura kembali dibangun. Sektor pariwisata dan pertanian kembali digalakkan. Ganbatte Sawara! *Indonesia jangan mau kalah yaaa!!!*

 Menyusuri sungai Onogawa

Naik Perahu

Sungai nan bersih. Bagaimana dengan Indonesia? Yuk bersihin!

Foto bareng dulu :D

Under reconstruction

Rumah tua cagar budaya di Katori





Selengkapnya: PMRmania Road to Japan


0 Kritikan kie . . .:

Post a Comment

Ayo belajar bareng PMRmania, blognya PMR Indonesia!