Sunday, March 3, 2013

Road to Japan Eps 4

Berawal dari Youth Competition for Disaster Education yang diselenggarakan JPF (Japan Foundation) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dihasilkanlah 6 tim pemenang yang merupakan lembaga terkait bidang pendidikan kebencanaan. Mereka adalah PMRmaniaBook For Mountain (Yogyakarta), Korsa (Bandung), Himapsi Unsyiah (Aceh), EGO (Surabaya), dan Situlung-Tulung (Makassar). Keenam tim yang terdiri atas 24 mahasiswa tersebut mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di Negeri Sakura dalam program KIZUNA, yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri Jepang melalui JICE (Japan International Cooperation Center) dan JTB (Japan Travel Bureau), sejak 17 Februari 2013.

20 Februari 2013
Road to Japan Episode 4 - Menjamah Kuil Shinto

Kuliah Mr. Tosuyuki Izuka mengawali agenda KIZUNA hari ini. Izuka memaparkan gempa dan tsunami 11 Maret 2011 yang berkekuatan 7 Sindo (sekitar 9,0 SR) tersebut, memiliki titik pusat di semenanjung Ojika dengan radius destruksi hingga 24 km. Imbasnya terjadi pencairan tanah (likuifaksi, tanah ambles) di beberapa daerah di Jepang, salah satunya adalah kota Kashima, prefektur Ibaraki, yang mengalami kerugian 92 Miliar Yen.


Usai kuliah pukul 09:30 waktu setempat, delegasi dipersilakan mengobservasi kawasan kuil Shinto Kashima Jingu di Kashima. Gempa 2 tahun yang lalu mengakibatkan beberapa titik di areal kuil ini rusak. Bahkan, tori (pintu gerbang kuil) dari beton seberat 100 ton pun rubuh dan kini sedang dalam tahap rekonstruksi. Kuil Shinto Kashima Jingu yang dibangun ratusan tahun lalu ini ternyata memiliki konstruksi bangunan tahan gempa, dengan bahan penyusun utama berupa batu dan kayu. Top markotop!



Kuliah
 

Prosesi cuci tangan di sini

Kuil depan

Denah kuil Shinto

~ Suasana nan asri ~

Patung di tepi jalan

Delegasi Indonesia

Jos :D

Pusat oleh-oleh kuil



Selengkapnya: PMRmania Road to Japan


0 Kritikan kie . . .:

Post a Comment

Ayo belajar bareng PMRmania, blognya PMR Indonesia!