Friday, December 28, 2012

Sinema PMI "Pesan dari Samudra"




Dalam rangka mengenang terjadinya bencana gempa & Tsunami di Aceh 8 tahun lalu (Desember 2004), dan dicanangkannya Hari Relawan Nasional PMI tanggal 26 Desember 2005 oleh Bapak Presiden RI, PMI mengadakan pertemuan sekaligus menggelar pemutaran film perdana (premiere) Pesan dari Samudra di Pusat Perfilman H. Usmar Ismail Jakarta, Rabu (26/12).

Pesan dari Samudra adalah film bertemakan bencana dan pengurangan risiko bencana yang dibuat oleh PMI, Palang Merah Australia, Australian-Indonesia Facility on Disaster Reduction (AIFDR), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Miles Films. Film ini disusun dengan gaya drama modern dan bercerita tentang pertemuan keluarga yang terpisah antara Kota Jakarta dan Kabupaten Sikka di NTT. Dibintangi oleh Lukman Sardi (Sakti), Putri Ayudya (Nara), Bintang Panglima (Samudra), Andi Bersama (Opa Hali), dan Jajang C. Noer (Tante Hanna).

Film karya Mira Lesmana dan Riri Riza ini berdurasi 76 menit. Rencananya Pesan dari Samudra akan ditayangkan secara nasional di Metro TV pada tanggal 29 Desember 2012 pukul 21.30 sebagai bagian dari Peringatan 8 Tahun Bencana Gempa dan Tsunami di Aceh. 


Dengan ditayangkannya Pesan dari Samudra ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana secara tepat dan menambah pengetahuan masyarakat tentang kesiapsiagaan bencana. Kejadian bencana pada film ini akan memberikan pengetahuan mengenai Early Warning System (EWS) yang diterapkan oleh masyarakat sebagai kearifan lokal, disamping apa yang bisa dilakukan oleh pihak-pihak yang berwenang seperti pemerintah, PMI dan lembaga atau organisasi lainnya. 

Film ini dibuat dikarenakan banyak sekali wilayah di Indonesia yang merupakan daerah rawan bencana khususnya gempa bumi, bahkan berpotensi tsunami. Fakta ini mendorong berbagai organisasi kemanusiaan terdorong untuk selalu memberi pembelajaran kepada masyarakat tentang cara-cara menyelamatkan diri dan keluarga mereka saat terjadi bencana tersebut. 

Mengingat luasnya wilayah geografis Indonesia, dan rentannya posisi Indonesia yang berada dalam Ring of Fire (wilayah cincin api), maka penyampaian pesan tentang pengurangan risiko bencana menjadi hal yang sangat penting. Media TV cukup mempunyai jangkauan yang luas untuk menyebarkan informasi tersebut. 

Pertemuan tersebut juga sebagai media pemahaman yang secara aktualisasi memberikan semangat tentang peran Relawan PMI dalam setiap penanggulangan bencana, dan sekaligus acara ini sebagai ajang silaturahmi antar Pengurus, Staf dan keluarganya, khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

Berikut adalah cuplikan trailer dari Youtube :D

0 Kritikan kie . . .:

Post a Comment

Ayo belajar bareng PMRmania, blognya PMR Indonesia!