Tuesday, November 29, 2011

Ratusan Anggota PMR Sambut Hari AIDS


















Dalam rangka mendukung peringatan Hari AIDS Sedunia 2011, PMI mengerahkan ratusan anggota Palang Merah Remaja (PMR) dari 30 SMP, SMA, dan SMK se-DKI Jakarta di acara peresmian pencanangan Kampanye “Aku Bangga Aku Tahu”, di Silang Monas, Jakarta, Minggu pagi (27/11/2011).

“Kami kerahkan sekitar 300 anggota PMR dari SMA dan SMK  di  Jakarta untuk mendukung gerakan Kampanye “Aku Bangga Aku Tahu”. Sebagai agen-agen perubahan, mereka juga mendukung kampanye ini,” ucap Koordinator Program HIV AIDS PMI Jakarta Timur, Dewi Rahmadania,  langsung dari acara peresmian pencanangan program Kampanye “Aku Bangga Aku Tahu” di Silang Monas, Jakarta, Minggu (27/11/2011).

Lebih rinci tentang bentuk dukungan PMI dalam kegiatan Peringatan Hari AIDS Sedunia 2011, Kepala Divisi Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat Markas Pusat PMI, dr. Lilis Wijaya menjelaskan, “Kegiatan peringatan Hari AIDS Sedunia 2011 kami dukung, tidak hanya sebagai upacara peringatan saja, tapi juga dengan berbagai aksi dan program lanjutan khusus untuk penaggulangan HIV dan AIDS di Indonesia. Kegiatan ini dapat dilakukan PMI secara mandiri maupun terpadu melalui kerjasama berbagai pihak, sektor terkait, kelompok-kelompok berisiko hingga partisipasi aktif dan pemberdayaan komunitas ODHA (Orang dengan HIV AIDS). Sudah kami kirimkan edaran resminya ke seluruh PMI provinsi se-Indonesia.”

PMI merupakan lembaga kemanusiaan yang telah berkontribusi membantu masyarakat rentan dalam program penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia. Tercatat, PMI telah menjadi bagian dari komponen bangsa yang terlibat dalam penanggulangan HIV dan AIDS sejak tahun 1996 hingga sekarang. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan PMI antara lain, upaya pencegahan HIV dan AIDS di kalangan pemuda/remaja, baik untuk internal PMI maupun eksternal PMI melalui pendekatan Pendidikan Remaja Sebaya (peer educator/PE), yang dalam perkembangannya, pendekatan ini juga dilakukan di kelompok di luar kalangan remaja. 

Peresmian pencanangan Kampanye “Aku Bangga Aku Tahu”  dengan  tema “Lindungi Pekerja dan Dunia Usaha dari HIV dan AIDS” , dilakukan langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono, didampingi oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Muhaimin Iskandar dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Acara ini melibatkan sekitar 2.000 siswa SMP dan SMA, 2.250 pekerja dan pengusaha,  1.000 anggota komunitas pesepeda, dan 500 lembaga dan institusi peduli HIV dan AIDS di Indonesia.*  

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Kepala Divisi Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat Markas Pusat PMI, dr. Lilis Wijaya, Hp. 087881818465. 
sumber: pmi.or.id

0 Kritikan kie . . .:

Post a Comment

Ayo belajar bareng PMRmania, blognya PMR Indonesia!